Monday, May 7, 2012

SAMSUNG GALAXY NEXUS Rasa ''Ice Cream Sandwich" Pertama



Galaxy Nexus berbodi besar namun di dalamnya terdapat sejumlah fitur menawan. Karena termasuk fitur ponsel premium, harga Samsung Galaxy Nexus dibandrol dengan harga 6.5 juta

Desain
Tidak ada inovasi, desain Samsung Galaxy Nexus tampak seperti ponsel Android lainnya semisal LG, HTC atau seri Samsung lainnya. Ukurannya lebih besar dari iPhone 4S, dimensi terukurnya 135.5 x 67.9 x 8.9 mm. Tapi dengan ketebalan ponsel seperti itu, ponsel terlihat dinamis dan masih nyaman untuk dipegang. Ponsel ini termasuk yang menganut minimalis tombol. Hanya ada kamera dan sensor cahaya.
Layar
Bermodal Super Amoled, layar Samsung Galaxy Nexus berdiagonal 4.65 inchi mampu menyuguhkan tampilan menjadi lebih tajam, warna hitam ditampilkan sangat pekat. Warna lain juga ditampilkan dengan warna natural. Sudut pandang layar sangat lebar, dan layar masih nyaman dilihat meski dibawah sinar matahari langsung. Berkaitan dengan layar, ponsel berlayar lebar ini sangat cocok untuk menikmati multimedia, khususnya video. Layar yang memiliki resolusi 720 x 1280 piksel mendukung pemutaran video berformat HD. Meski ini tidak sepenuhnya berasal dari teknologi layar, video yang diputar berjalan lancar, tidak putus-putus. Video di susun secara bagus, sudah jelas perangkat pemroses grafis dan cpu memiliki performa yang handal.

OS & Interface
 Dengan sistem operasi Android versi 4.0.2 atau Ice Cream Sandwich (ICS), sekan Samsung Galaxy Nexus tidak berjalan di OS Android. Pasalnya Google merubah total interface versi Android sebelumnya. Hanya ada sedikit artefak peninggalan versi lama. Meski demikian, interface Ice Cream Sandwich masih intuitif. Berkat ikon dan struktur menu, pengguna akan bisa langsung beradaptasi. Di bawah layar hanya ada tiga tombol, tombol back, home, dan multitasking. Galaxy Nexus memiliki 5 homesscreen. Sedangkan shortcut utama, hanya tersedia untuk 5 ikon. Ikon-ikon di Ice Cream Sandwich tampak lebih tajam dan jelas. Selain itu Galaxy Nexus mempunyai wallpaper yang keren. Sama seperi dengan OS sebelumnya, Anda bisa menambahkan shortcut atau widget di homesscreen.

Terimakasih Google, telah mengelompokkan fungsi dan shortcut yang terkait dengan daya baterai. Seperti bluetooth, wireless dan pengaturan kecerahan layar dalam sebuah widget. Dan ada beberapa widget baru yang bisa mempersonalisasi tampilan homesscreen serta memberikan kemudahan bagi pemiliknya untuk mengakses menu/aplikasi.  
Shortcut multitasking oleh Google didesain dengan visual yang bagus dan atraktif . Aplikasi-aplikasi yang masih berjalan dibuat transparan dengan gambar latar belakang. Sedangkan laci aplikasi masih sama dengan versi OS sebelumnya, menganut sistem matrik 4 kolom x 5 baris. Hanya ICS menyediakan tab Widget secara khusus. Di tab widget, Anda bisa mengetahui.
Kamera
Fitur kamera 5 megapiksel di Android high-end bukan menjadi fitur wah. Tapi ponsel Android berkamera 5 megapiksel yang memiliki kualitas foto seperti Galaxy Nexus kualitas fotonya cerah dan tajam. Resolusi terbesarnya 2592x1944 piksel. Resolusi video recording kamera belakang yaitu1080p sama dengan HD memiliki kualitas yang sama dengan hasil fotonya. Kamera belakang di lengkapi dengan lampu flash cukup pintar untuk memotret dalam keadaan kurang cahaya.
Browser
Aplikasi browser di sistem operasi ICS memiliki kenyamanan dan kemudahan. Mengadopsi browser Chrome yang minimalis. Bar url dengan shortcut tab serta menu yang berisi beberapa opsi. Semua itu memudahkan bagi pengguna untuk membuka halaman situs atau berpindah dari halaman ke halaman. Fitur pencarian di bar url cukup pintar. Bermodal database di server Google, proses pengetikan alamat url atau pencarian sesuatu akan di tawari opsi yang mungkin cocok. Ini memungkinkan browser membuka halaman situs lebih cepat.


1 comment: