Thursday, September 27, 2012

Cara Mengatasi Pikiran Negatif (Negative Thinking)



Pikiran negatif adalah mengkuatirkan hal-hal yang belum pernah terjadi dan ketika rencana gagal, akan jatuh dalam depresi dan tidak bisa melihat sisi baik dan menyalahkan keadaan tanpa mau belajar dari kejadian tersebut. Pikiran negatif tidak membawa kemana-mana, kecuali membuat perasaan tambah buruk, dan akan berakibat performa kita mengecewakan. Hidup adalah sebuah pilihan. Dan kategori pilihan utamanya adalah hidup secara positif. Namun dalam kenyataannya kebiasaan yang negatif yang selalu menawarkan cara mudah tetapi pada akhirnya membuat kehidupan kita semakin sulit. Bagi sebagian besar orang, berpikir negatif telah menjadi pilihan dan bagian hidup mereka. Oleh sebab itu hanya sedikit sekali orang yang bisa maju.

Ini ada sebuah cerita tentang kehidupan dimana seorang berjuang untuk merubah nasib menjadi yang lebih baik dengan berpikir positif. Sebut saja ada seorang pedagang yang dulunya ia adalah pedagang yang hebat yang tak pernah merasakan kekurangan dalam hidupnya dan merasakan hidup yang berkelebihan. Tetapi dengan alur hidup yang terus berjalan ia mengalami kegagalan dalam pekerjaan, semua yang dimiliki hilang, tetapi dia tidak begitu saja selalu berpikir negatif dan tidak menyalahkan keadaan karena selalu berpikir positif, pasti ada jalan untuk bisa keluar dari kegagalan karena aku dapat memilih untuk ada didalam suasana yang baik. Tidak berpikir dalam suasana kegagalan.

Pikiran akan mengendalikan dan menentukan tindakan. Jika kita berpikir positif maka kita akan melakukan hal positif. Begitu pula sebaliknya jika kita berpikir negatif maka apa yang kita kerjakan adalah hal negatif yang akan juga membawa dampak yang negatif pula. Seperti pedagang itu yang selalu berpikir positif, ia selalu mendapatkan hal-hal positif dalam hidupnya. Berpikir positif mendatangkan keyakinan, menghapus keraguan, menambah semangat dan antusias kita dalam melakukan segala sesuatu.

Berikut ini ada sembilan kiat untuk mencegah dan mengurangi pikiran negatif menurut Jessica Padykula:
1. Hidup disaat ini.
Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang. Jika anda menemukan pikiran anda terkurung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwa hanya masa kini yang dapat kita kendalikan.
2. katakan hal positif pada diri sendiri.
Katakan pada diri anda bahwa anda kuat, anda mampu. Katakan hal tersebut terus-menerus, kapanpun. Terutama mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari itu, tidak peduli jika hari itu anda harus mengambil keputusan sulit ataupun anda tidak mempercayai apa yang telah anda katakan pada diri sendiri (Ams 18:21).
3. Percaya pada kekuatan pikiran positif.
Jika anda berpikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika anda berpikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa anda. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir anda, namun usahanya sebanding dengan hasil yang bisa anda petik (Fil 4:6-9).
4. Jangan berdiam diri.
Telusuri apa yang membuat anda berpikiran negatif, perbaiki dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhenti mengeluh dan menyesal karena itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi anda, juga membuat anda merasa tambah buruk. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah dan pelajaran dari hal tersebut, dan kembali maju.
5. Fokus pada hal-hal positif.
Ketika kita sedang berpikiran negatif, sering kita lupa apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah lima enam hal posiif yang terjadi pada hari terebut. Hal positif tersebut dapat berupa hal-hal besar ataupun sekedar hal-hal kecil seperti ‘hari ini cerah atau makan sore hari ini menakjubkan’. Selama anda tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif anda menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika anda mulai merasa berpikiran negatif, baca kembali jurnal tersebut.
6. Bergeraklah
Berolahraga melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaan anda menjadi lebih baik. Berjalan, berlari-lari kecil, aktifitas fisik akan membuat diri kita merasa lebih baik.
7. Hadapi rasa takutmu.
Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut anda akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri anda. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita.
8. Coba hal-hal baru.
Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan ya pada kehidupan anda membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Jauhi pikiran “ya tapi.....”. Pengalaman baru, kecil, atau besar membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna.
9. Ubah cara pandang.
Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.


No comments:

Post a Comment