Monday, March 19, 2012

BLACKBERRY TORCH 9810 Generasi Terbaru

BLACKBERRY TORCH 9810 Generasi Terbaru

Bersamaan denga diperkenalkannya sistem operasi terbaru. RIM (Research In Motion) juga memperkenalkan beberapa tipe BlackBeery terbarunya, salah satunya BlackBerry Torch 9810. Ini adalah generasi penerus BlackBerry Torch 9800. Meski dari tampilan terlihat seperti kembar identik, tapi tentu ada beberapa perbedaan dan peningkatan yang dipakai oleh BlackBerry Torch 9810 dibandingkan generasi sebelumnya. Di sini dijelaskan beberapa  spesifikasi BlackBerry Torch 9810.

Layar 
Layar BlacBerry Torch 9810 berukuran sepadan dengan BlackBerry 9800, yaitu sama-sama 3,2 inchi. Juga mempunyai daya yang setaraf, yaitu TFT capacitive touchscreen 16 juta warna. Tapi resolusi layar di BlackBerry 9810 lebih rapat, yaitu 480 x 640 pixels (~250 ppi pixel density), dari pada layar BlackBerry 9800 yang beresolusi 360 x 480 pixel (~188 ppi pixel density). Perbedaan lainnya yaitu BlackBerry 9810 sudah mengadopsi OS terbaru (BlackBeery 7 OS) peningkatan dari BlackBerry 9800 dengan mengadopsi 6 OS. Tapi user interface BlackBerry 7 OS tidak berbeda dari versi 6 OS.

DESAIN
Jika dilihat sekilas, desain BlackBerry 9800 dengan BlackBerry 9810. Masih mengusung bentuk layar sentuh geser plus tombol qwerty. Bahkan dimensi body keduanya benar-benar identik. Begitu juga beratnya, memiliki berat yang sama. Perbedaan yang terlihat hanya pada casing belakang penutup baterai. Sisi belakang BlackBerry 9810 berbahan plastik bermotif kotak-kotak kecil berwarna silver.

TOMBOL, PORT & SLOT
Selain layar sentuh, akses menu bisa dilakukkan dengan tombol Trackpad. Plus empat tombol yang berdekatan dengan tombol Trackpad, yang berupa tombol biasa yang harus ditekan. Ada juga tombol kamera dan volume disamping kanan, plus lubang jack audio 3,5 mm. Disamping kiri terdapat port Micro USB untuk charger dan kabel data. Sedangkan slot memory internal (MicroSD) diletakkan dibalik casing belakang tapi tidak sampai tertindih baterai.

MULTIMEDIA
Fitur Multi Media yang disajikan Torch 9810 masih sama dengan tipe BlackBerry lainnya. Seperti Music Player, Video Player, Slacker Radio (Radio Internet) dan Podcast. Juga ada You Tube bagi yang ingin menikmati Video Streaming. Tidak ketinggalan game, dan disediakan 2 game juga menjadi ciri khas dari BlackBerry yaitu BrickBreaker dan Word Mole. Untuk Music Player berfasilitas lengkap, seperti Equalizer (headset), Audio Boost, Playlist, Shuffle dan Repeat.   

KAMERA
Kemampuan kamera yang digunakan RIM belum beranjak dari daya 5 megapiksel. Semua tipe baru ponsel BlackBerry, termasuk Torch 9810 ini, kameranya masih terbatas 5 megapiksel. Tapi kemampuannya tak usah ditanya. Kamera mempunyai fasilitas yang lengkap, seperti: Flash, Face Detection, Portrait, Sport, Landscape, Close Up, Image Stabilization, Scene dan Geotagging. Selain itu juga bisa merekam video resolusi HD (1280 x 720 pixels).

INTERNET & JEJARING SOSIAL
BlackBerry Torch 9810 juga berkemampuan untuk akses internet hingga HSDPA (14.4 Mbps) dan HSUPA (5.76 Mbps). Plus WiFi sebagai koneksi alternatif. OS BlackBeery 7 yang diadopsi memberi efek pada kinerja Browser yang lebih cepat 40% dibandingkan versi sebelumnya. Termasuk mendukung kemampuan HTML 5 Video dan Java Script. Ponsel ini juga dibekali aplikasi khas Social Feed, yang membuat akses Facebook, Twitter dan lainnya cukup melalui aplikasi ini.

MAPS
Sama seperti tipe BlackBerry lainnya, Torch 9810 juga dilengkapi dengan GPS Receiver plus peta digital Blackberry Maps. Saat masuk ke Blackberry Maps, bisa dengan cepat mendeteksi dan menampilkan lokasi sekarang berada,  sekitar 10 detik. Setelah itu bisa mengirim titik lokasi itu (Send Location), mencari lokasi tertentu lainnya (Find Location) atau mengetahui rute menuju ke lokasi tertentu (Get Direction). Tampilan peta digital bisa di Zoom In/Out dengan cara multitap.    

INSTANT MESSENGER
BlackBerry Mesenger (BBM) tentu masih menjadi fitur andalan di Torch 9810 ini. Tampilan BBM di sini dilengkapi dengan ikon fasilitas : Search, Invite, Broadcast Message, Converence dan Profile yang tampil di bagian bawah. Jadi tinggal klik ikon tersebut agar bisa mengakeses lebih cepat. Jika ingin menggunakan aplikasi chatting lainnya, Torch 9810 juga membawa aplikasi Windows Live Messenger, Yahoo Messenger dan Google Talk, atau bisa juga chatting dengan sesama pengguna Facebook, via Facebook chat.

No comments:

Post a Comment