Friday, March 23, 2012

SONY ERRICSON XPERIA MINI PRO Dengan Desain Sama Kemampuan Beda Fitur Canggih


Ponsel ini mirip dengan tipe pendahulunya, Sony Erricson X10 Mini Pro. Tapi dibekali kemampuan yang lebih canggih. Sony Erricson mengeluarkan tipe ponsel yang mirip dari penamaan, juga desainnya. Seperti Xperia X10 Mini Pro, Xperia Mini Pro, Xperia X10 Mini dan Xperia Mini. Tapi kalau dilihat fitur didalamnya, terasa perbedaan yang cukup jauh antara yang bertipe “X10” dengan tipe terbaru yang tanpa “X10”. Salah satunya versi Androidnya, X10 Mini/Mini Pro baru Android 1.6. Sedangkan Mini/Mini Pro sudah Android 2.3 (Gingerbread). Antara ‘Pro’ dan yang tanpa ‘Pro’ hanya berbeda fasilitas tombol qwerty yang tersedia pada tipe ‘pro’. Sedangkan fiturnya tidak beda jauh dengan ‘Pro’ dan tanpa ‘Pro’.

LAYAR      
Layar sentuh Mini Pro lebih luas (3 inchi) daripada X10 Mini Pro (2,55 Inchi). Resolusi Mini Pro juga lebih besar 320 x 480 pixel. Dan yang lebih canggih layar ponsel ini sudah dimasukkan ke Sony Mobile BRAVIA Engine, yang menambah ketajaman tampilan layar. Sony Erricson juga sudah memasukkan user interface (UI) khas di homescreen yang disebut UX, yaitu berupa 4 ikon menu (bisa diganti-ganti) yang menempel ditiap-tiap ujung tampilan layar depan. Bedanya, di Mini Pro tiap ujung bisa diisi hingga 4 ikon menu.

DESAIN
Desain khas Sony Erricson yang disebut Human Curvature tidak begitu terasa di Mini Pro dibandingkan X10 Mini Pro. Bagian belekang ponsel ini tidak terlalu melengkung. Semua bodi Mini Pro dibungkus dengan plastik glossy, sehingga terasa elegan dibandingkan dengan X10 Mini Pro, Mini Pro berukuran sedikit lebih besar, tapi hanya beda 1-2 mm (panjang, tinggi, tebal). Tombol qwerty tersembunyi dibalik bodi, tinggal menggeser bagian layar kekanan.

PORT, SLOT, TOMBOL
Ada port Micro USB dibodi atas yang berfungsi untuk masukkan charger dan kabel data. Disbelahnya ada lubang jack audio 3,5 mm untuk headset. Untuk slot memory eksternal Micro SD disembunyikan dibalik casing belakang, tapi tidak tertekan baterai, jadi bersifat hotswap. Dibawah layar ada tombol :Back dan Option, yang berjenis touchpad. Ditengahnya ada tombol Home yang berupa tombol biasa. Ukuran tombol-tombol qwerty memang mini, tapi terasa nyaman ditekan, karena begitu lunak dan saling terpisah.

KAMERA
Sama dengan X10 Mini Pro, Mini Pro juga memakai kamera 5 megapiksel. Hanya saja dibekali fasilitas lebih komplit seperti : Image stabilization, smile and face detection dan touch focus. Flash, Autofocus, Macro, Twilight, Sport dan Geo Tagging. Kemampuan kamera disini juga lebih hebat karena mampu merekam video hingga kualitas High Definition (1280 x 720 pixels) dengan kecepatan 30 fps. Berbeda dengan X10 Mini Pro yang sebatas video VGA (640 x 480 piksel). Mini Pro dibekali kamera sekunder VGA, sedangkan X10 Mini Pro tidak.

JEJARING SOSIAL
Mini Pro menyediakan aplikasi jejaring sosial Facebook, Twitter dan FourSquare. Menariknya, akses Facebook di Mini Pro terasa beda ada fitur Friend’s Music, disini bisa ditampilkan Video dan Music apa saja yang sedang dinikmati teman Facebook, bisa juga langsung memberi komentar. Hal menarik lainnya daftar Contact di ponsel bisa sinkronkan dengan daftar teman Facebook, jadi cukup masuk kontak untuk berhubungan dengan teman Facebook. Lalu ada fitur Timescape yang menampilkan update status teman dengan penampilan lebih atraktif.

INTERNET
Mini pro mendukung akses internet hingga kecepatan HSPDA (7,2 Mbps) / HSUPA (5,76 Mbps). Juga disediakan akses WiFi sebagai alternatif. Browsernya terasa intuitif, zooming tampilan situs bisa dengan pinch, double tap atau via tombol virtual Zoom. Mini Pro menyertakan beberapa menu launcher beberapa situs berita lokal.

HIBURAN
Fitur hiburan yang disediakan antara lain Music Player dilengkapi fasilitas lebih komplit dibanding dengan di X10 Mini Pro. Ada Playlist, Album Art, Shuffle, Equalizer dan xLOUD yang membuat suara speaker lebih nyaring. Juga ada Video Player dan You Tube untuk menikmati video streaming. Tidak ketinggalan TrackID fitur khas yang bisa menampilkan info lagu yang didengar (judul dan penyanyi masih banyak yang lainnya). Juga ada FM radio. Hanya ada 1 game (free) yang disediakan via fitur Games By.

FITUR LAINNYA
Mini Pro masih membawa fitur menarik lain, seperti Whats App untuk chatting dengan sesama pengguna aplikasi itu. Ada juga News & Wheather yang menyajikan update info berita dan cuaca. Lalu ada Xperia HotShot yang tidak ingin ketinggalan info tentang pemain bola pujaan. Selain itu ada Office Suite yang hanya bisa membuka file Office, serta McAfee WafeSecure & AntiVirus yang akan mengamankan data yang tersimpan. Tidak ketinggalan GPS receiver plus peta digital Google Maps. 
 

 

 

 

No comments:

Post a Comment