Wednesday, April 11, 2012

AHA COOLPAD Tablet Froyo Dengan Berbagai Konten Lokal


Selain menyediakan layanan data, Bakrie Connectivity juga menjual beragam perangkat akses untuk internet. Ditengah maraknya tablet, anak perusahaan Bakrie yang memakai merek AHA ini meluncurkan AHA Coolpad. Suksesor AHA Pad ini memakai prosesor Snapdragon berkecepatan 800 MHz dengan sistem operasi Android 2.2 Froyo. Untuk memberikan nilai tambah, tablet dengan harga Rp 2.599 juta ini menghadirkan beragam konten lokal.
Layar
Ukuran layar 7 inchi juga berpengaruh pada tubuh coolpad memasang layar WVGA dengan teknologi touchscreen capacitive. Layar dengan resolusi 800 x 480 pixels mendominasi hampir seluruh bagian depan tablet ini. Kualitas layarnya tergolong kurang bagus dengan kepadatan warna yang rendah. Sehingga menghasilkan tampilan gambar yang kurang tajam. Selain layar, pada bagian depan ada tiga tombol sensitif dibagian bawah layar apabila dalam posisi portrait. Ketiga tombol ini meliputi Back, Menu dan tombol Home.
Kamera
Tablet ini dibekali dengan kamer dengan resolusi 5 megapiksel tanpa disertai lampu flash. Terdapat kamera depan berukuran VGA yang berguna untuk memotret wajah. Tidak banyak fitur yang diberikan yakni hanya mengikuti fitur standard  pada Android Froyo saja. Beberapa fitur yang berguna adalah Focus Mode, Color effect, Saturation, Contrast, Sharpness, White balance, dan digital zoom. Selain menangkap gambar diam, kamera juga bisa merekam video hampir sama ada pada mode digital.
Desain
Memiliki dimensi 200 x 109,5 x 12,5 mm, tablet AHA Coolpad berukuran sama persis dengan AHAPad. Perbedaannya adalah pada berat yang lebih ringan 60 gram ketimbang pendahulunya. Tentu ini membuat lbih nyaman saat berada digenggaman. Bentuknya pas berada diukuran telapak tangan pria dewasa. Pas juga jika disakukan kekantung jaket atau tas tangan wanita. Sebagian besar materialnya terbuat dari plastik glossy, kecuali frame metalik yang ada disisi tablet. Bagian belakangnya berwarna putih polos dengan hiasan logo AHA besar ditemani sebuah kamera.
Internet 
Akses You Tube tanpa buffering. Itulah slogan yang diandalkan AHA untuk menjual tablet ini. AHA Coolpad telah diperkuat dengan akses internet EVDO Rev A yang mendukung kecepatan sampai 3,1 Mbps. Koneksi internetnya tergolong cepat mungkin karena penggunanya masih sedikit. Tetapi jangkaunnya wilayahnya masih terbatas. Untuk menjelajah website, disertakan browser native Android. Fitur yang disediakan sebagai sebuah browser terbilang cukup lengkap bahkan mendukung HTML5. Untuk urusan ini, kinerja browser Android bisa diandalkan.
Tombol Dan port
Tablet ini sudah dilengkapi port hotswap untuk microSD dan Hot  Swap RUIM card maasing-masing dibawah dan kiri. Dibagian atas, terdapat tombol volume dan power yang cukup keras. Sedangkan dibagian bawah terdapat port 3,5mm untuk audio. Dalam posisi portrait, bagian kiri dihiasi port USB proprietary yang selain untuk transfer data kekomputer, juga untuk isi ulang baterai.
Fitur Khas AHA
Seperti suksesornya, AHA Coolpad juga mengedepankan konten lokal. Pertama, ada AHA shop yang mana pengguna dapat menggunakan berbagai aplikasi sepuasnya. Lalu, ada AHAvibe untuk melakukan download full track ribuan lagu orisinil dari penyanyi atau band baik lokal ataupun Barat. AHA games yang memungkinkan pengguna memainkan berbagai game, dan AHAstars jika para pengguna ingin melakukan update terbaru mengenai koleksi foto juga berinteraksi dengan artis-artis favoritnya.
Mail
Salah satu keunggulan handset Android adalah dalam kemampuan akses Gmail secara push mail. Tetapi selain Gmail, akses email agak merepotkan karena harus install aplikasi terlebih dulu dan setting email secara detail. Bagaimana dengan pengguna yahoo! Mail? Ditablet ini telah disediakan aplikasi yahoo! Mail sehingga pengguna bisa mengaksesnya lebih mudah. Selain itu juga disediakan layanan push mail AHA Mail.
Office 
Untuk memenuhi kebutuhan kantoran, telah disediakan aplikasi Documents TO Go. Aplikasi ini full version sehingga anda tak hanya bisa membaca, tetapi juga membuat dan mengedit tulisan. Ada tiga jenis dokumen yang bisa dibuat yakni MS Word, MS Excel, dan MS Power Point.

1 comment: