Monday, April 23, 2012

MOTOGP QATAR 2012 Lorenzo Cetak Kemenangan



MotoGP musim ini bergulir dengan format 1.000 cc sudah melangsungkan ronde pertamanya di sirkuit Losail, Qatar (8 April 2012) silam. Harapan kompetisinya akan lebih baik dari era 800 cc jadi pertanda yang bagus dibuktikan dengan sukses Jorge Lorenzo menang diatas motor 1.000 cc.
Setelah menunggu sekian lamanya sejak sesi tes pramusim terakhir di Jerez, awal Maret lalu. Seluruh fanatikan MotoGP seolah larut dan menanti dengan antusiasme tinggi dengan berlangsungnya ronde pembuka MotoGP disirkuit Qatar, Losail. Banyak yang mengunggul-unggulkan Casey Stoner akan tetap berjaya dikelas 1.000 cc ini lantaran dirinya pernah merutinitas jam terbang dikelas ini ketimbang rivalnya, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Atau juga pembuktian dan penantian akan kembalinya The Doctor, julukan Valentino Rossi, ke performa terbaiknya. Para pencintanya sudah rindu melihat VR46 kembali bersaing merebut posisi podium. Ternyata orang boleh menduga, namun fakta berkata beda. Yang terjadi, justru Yamaha mampu tampil hebat. Performa bagus Jorge Lorenzo berhasil membalikkan prediksi jikalau Casey Stoner tetap mendominasi musim ini. Faktor itu sudah tampak di FP1 hingga kualifikasi. Okelah, Stoner memuncaki catatan waktu di FP1 dan FP3, namun di FP3 kualifikasi Jorge Lorenzo keluar jadi tercepat dan berhak start di posisi terdepan. Catatan waktu Lorenzo terus membaik.

Puncaknya adalah di Race day manakala duel memperebutkan posisi pertama ditentukan di 10 lap terakhir. Empat lap terakhir, Jorge Lorenzo berhasil menjauh di finish sebagai juara. Sedangkan Stoner harus puas di posisi tiga dibelakang rekan satu timnya Dani Pedrosa yang finish diurutan kedua.
Duel seru ronde pertama membuat banyak pihak optimis jika MotoGP musim ini lebih baik dari tahun lalu. Tidak menyangka regulasi baru mesin 1.000 cc jadi salah satu kunci serunya duel di MotoGP. Faktor lainnya adalah menjaga keausan ban. Musim ini pemasok ban asal Jepang, Bridgestone menjawab keluhan para kontestan MotoGP di musim lalu. Saat itu ban susah mencapai suhu kerja sehingga efeknya motor kehilangan grip dan membuat motor terjatuh. Sekarang tidak karena memakai kompon lebih lunak sehingga ban segera mencapai suhu kerja.

Efek sampingnya adalah ban cepat aus di akhir lap yang bisa mempengaruhi kecepatan motor. Hal itu pula yang menimpa Stoner. Lagi asyiknya memimpin, tiba-tiba waktunya drop dan bisa disalip Lorenzo dan Pedrosa. Jelas teknik menjaga keausan ban jadi benefit Lorenzo. “Ban musim ini cukup penting karena kita mesti melakukan strategi”, kata pembalap yang memakai nomor start  99 itu.
Walaupun kalah, Stoner berdalih karena ban. Juara dunia MotoGP 2011 mengalami arm pump, kram otot sehingga dirinya tidak bisa mempertahankan ritme kemenangannya. “Tidak mengira bila hasil diluar harapan karena saya mengalami arm pump sejak lap empat yang terus makin sakit,” kata Casey Stoner.  
Kemenangan Jorge Lorenzo di ronde pembuka di trek Losail membuat mencetak sejarah membukukan kemenangan pertamanya di kelas 1.000 cc. Selamat!
        
HASIL LOMBA
1.       Jorge Lorenzo           Yamaha Factory Racing                  42:44,214
2.       Dani Pedrosa             Repsol honda                                   +0,852
3.       Casey Stoner             Repsol Honda                                  +2,908
4.       Cal Crutchlow           Monster Yamaha tech 3                +17,114
5.       Andrea Doviziosi       Monster Yamaha Tech 3               +17,420
6.       Nicky Haiden            Ducati Team                                    +28,413
7.       Alvaro Bautista         San Carlo Honda Gresini                +8,446
8.       Stevan Bradl             LCR Honda                                        +29,464
9.       Hector Barbera         Pramac Racing Team                      +31,384
10.    Valentino Rossi        Ducati Team                                     +33,665
   
POIN PEMBALAP
             1.       Jorge Lorenzo                                                                  25 poin
             2.       Dani Pedrosa                                                                   20 poin
             3.       Casey Stoner                                                                   16 poin
            4.       Cal Crutchlow                                                                   13 poin
            5.       Andrea Dovizioso                                                              11 poin
           6.       Nicky Haiden                                                                     10 poin
           7.       Alvaro Bautista                                                                    9 poin
           8.       Stevan Bradl                                                                        8 poin
           9.       Hector Barbera                                                                    7 poin
         10.    Valentino Rossi                                                                      6 poin
POIN KONSTRUKTOR
          1.       Yamaha                                                                               25 poin
          2.       Honda                                                                                 20 poin
          3.       Ducati                                                                                  10 poin
         4.        Suter                                                                                      4 poin
         5.       ART                                                                                        3 poin
         6.       BQR-FTR                                                                               2 poin


1 comment: