Friday, April 20, 2012

NOKIA ASHA 302 Fitur Hebat Dan Canggih


Ponsel berdesain qwerty terbaru keluaran Nokia ini Cuma berbasiskan UI S40, namun dibalik itu tersembunyi berbagai fitur yang dibawa setaraf smartphone.
Layar
Berbeda dengan Asha 303, di Asha 302 ini layarnya tidak berjenis touchscreen. Ukuran layar Asha yang 2,4 inchi, sedikit lebih sempit ketimbang Asha 303 (2.6 inchi). Berkekuatan 262 ribu warna dengan resolusi 320x240 pixels, tampilan layar terlihat cukup tajam. Asha 302 hanya berbasis UI S40, tapi tampilan menunya mirip dengan symbian OS. Tampilan awal layar (homescreen) dibagi menjadi 3 baris yang bisa dipenuhi berbagai shortcut menu.  

Port & Slot
Seperti biasa, untuk terhubung ke PC via kabel data, disediakan port Micro USB yang diletakkan di bagian casing atas. Port ini juga berfungsi sebagai masukan charger. Masih di casing atas, juga diletakkan lubang jack audio 3,5 mm. Untuk slot memory eksternal Micro SD bersifat Hotswap, karena diletakkan di casing luar samping kiri. Jadi memudahkan jika ingin melepas atau memasang kartu Micro SD. Slot memory eksternal ini mendukung hingga kapasitas 32 GB.
Desain 
Bahan agak kesat mendominasi sisi depan ponsel ini, termasuk bagian tombol qwerty. Juga dipadukan bahan silver chrome disekelilingnya. Untuk jelajah menu, ponsel ini mempercayakan pada tombol navigasi menu 5 arah berbahan chrome. Deretan tombol qwerty yang agak menonjol, terasa empuk saat ditekan. Casing belakangnya, terutama bagian baterai menggunakan bahan stainless steel.

Kamera
Asha 302 membawa kamera 3,2 Megapixsels. Dilengkapi fasilitas frames, effect, white balance, exposure dan digital zoom. Sayangnya, tidak disediakan lampu flash, jadi kurang maksimal saat dikondisi minim cahaya. Saat memotret, membutuhkan 2 detik untuk menangkap gambar. Saat merekam video, daya tangkapnya terasa cepat, hasilnya pun juga terlihat cukup tajam karena beresolusi VGA. Hasil foto dan video bisa langsung di upload ke jejaring sosial.
Multimedia
Musik menjadi salah satu fitur yang di unggulkan. Terbukti dari kualitas suara yang terdengar saat memutar lagu, nyaring dan jernih. Music Player dilengkapi dengan fasilitas equaliser, shuffle, repeat dan playlist. Mendengarkan music juga bisa melalui FM Radio yang telah mendukung RDS sehingga kualitas suaranya jernih.

Internet
Ponsel ini sanggup menyajikan akses internet hingga kecepatan HSDPA (10,2 Mbps)/HSUPA (2Mbps). Bahkan ada WiFi sebagai alternatif. Untuk browsing di sediakan Nokia Browser yang diklaim bisa mengkompresi tampilan situs hingga 90%, sehingga lebih cepat dibuka. Tampilan Nokia Browser juga menarik, karena terdiri dari 3 halaman (history, feature, favorite). Dihalaman Featured ada link : Nokia, Twitter, Facebook, Kompas.
Jejaring Sosial & Chatting
Untuk akses jejaring sosial, di sediakan aplikasi social yang memang ini adalah khas Nokia. Di dalam Social disediakan menu Facebook, Twitter, Flickr dan Orkut. Jika sudah login ke salah satu jejaring sosial bisa berpindah ke lainnya tanpa harus logout. Untuk menggunakan Social, ponsel harus dimasukkan simcard. Namun untuk koneksinya bisa menggunakan WiFI. Untuk chatting, disediakan aplikasi WhatsApp Messenger.
Nokia Life Tools
Ini adalah fitur buatan Nokia sendiri yang berfungsi sebagai penyedia berbagai informasi. Ada 5 klarifikasi informasi informasi yang disediakan Nokia Life Tools, yaitu Education, Agriculture, Healthcare dan Entertainment. Penyajian informasi Nokia Life Tools berbasiskan SMS.
Toko Aplikasi
Nokia menyediakan sentral untuk akses berbagai macam konten dan aplikasi dilayanan Nokia Store. Disini Anda bisa mengambil berbagai jenis aplikasi berbasis Java maupun S40, permainan, audio & video dan tema. Sehingga ponsel Nokia Asha 302 menjadi lebih powerful dan kaya fitur. Dibutuhkan akun Nokia agar Anda bisa mengambil aplikasinya baik yang berbayar maupun gratis.
Game
Ponsel tak akan lengkap tanpa kehadiran game. Di Nokia Asha 302 ini sudah ada beberapa game yang disediakan. Game yang bisa langsung dimainkan adalah Bounce Tales, Gedda Headz, Sudoku. Sayangnya masih ada 3 game yang bersifat demo yaitu Block Breaker, Diamond Twister, Fast Five The Movie. Jika ingin bermain game demo tersebut sampai tuntas, maka harus membayar.

1 comment: