Monday, April 9, 2012

YAMAHA YZF-R6 2012 TEKNOLOGI MOTOGP


New Yamaha YZF-R6 memang merupakan motor balap sebenar-benarnya, dengan menerapkan teknologi kelas elite MotoGP sudah pasti akan menjadikannya motor super..Superbike dengan inovasi dan teknologi yang diadaptasikan dari MotoGP  dan dengan teknologi terbaru namanya Yamaha Chip Control Throttle, dengan konsumsi bensin mencapai 17kpl/48mpg. Dengan mesin 599cc, 4 silinder, 16 katup dari titanium dan pendingin cair, Bore x stroke-nya 62 x 42,5 dan ditambah dobel Injektor cukup membuat motor ini menjadi idaman.
Motor dengan 599cc, DOHC, 16-valve, liquid-cooled, Inline 4 silinder ini punya tenaga 123.8PS di 14,500 rpm  dengan redline di 16.000 rpm. Injektor sekunder akan beroperasi lewat 12 lubang pada rpm 6000 sampai 7000 sampai pada top speed, dan yang tidak kalah menarik adalah fitur Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T), fitur ini berkolaborasi dengan Throttle Positiion sensor (TPS) dan mengontrol katup gas secara elektronis untuk respon dan kontrol pada RPM tinggi bahkan cuma perlu 0,3 detik untuk sistem pengontrolan RPM dari tinggi ke rendah dan sebaliknya. Beberapa tambahan dan fiturnya yaitu Tuas rem depan yang adjustable (bisa diatur) serta sistem pengereman YZF-R6 menggunakan cakram ganda 310mm yang dijepit dengan kaliper empat piston lansiran Brembo untuk bagian depan. Sedangkan belakang menggunakan cakram 220 mm dengan kaliper satu piston juga mempunyai rantai O-Ring yang ringan. Pada rangka, Yamaha YZF-R6 diperkuat sasis Deltabox alumunium yang menawarkan keseimbangan sempurna sehingga lincah dan ringan saat digunakan. Sasis ini terinspirasi inovasi MotoGP dimana Yamaha menyebutnya Straight Frame Concept.
Fitur tambahan lainnya yaitu EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve) yang bisa memaksimalkan penikungan dan kestabilan dalam kecepatan tinggi dan Air Injection System (AIS) yang menyuntikan udara segar untuk mengoptimalkan pembakaran dan mengurangi emisi gas buang macam HC dan CO. Dobel sok adjustable sudah diaplikasikan di motor ini, bedanya yang belakang pake monocross, cukup nyaman, apalagi tangki yang pas dengan postur tubuh rata-rata dengan kapasitas BBM 17, 5 liter dan cadangan 3,5 liter.
Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara tentunya harus memiliki suspensi yang berkualitas. Disektor depan berdiri tegak shock upside down 43mm dan shock Monocross dibelakang untuk menaklukan getaran atau guncangan saat melintasi jalan bergelombang sungguh membuat kagum para pengendara.


Untuk lebih jelasnya bisa dilihat spesifikasi New Yamaha YZF-R6
Engine 
Engine type liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valve
Displacement 599cc
Bore x stroke 67.0 mm x 42.5 mm
Compression ratio 13.1 : 1
Maximum Power 91.0 kW (123.8PS) @ 14,500 rpm
Maximum Torque 65.7 Nm (6.7 kg-m) @ 10,500 rpm
Lubrication system Wet sump
Carburettor Fuel Injection
Clutch Type Wet, multiple-disc coil spring
Ignition system TCI
Starter system Electric
Transmission system Constant Mesh, 6-speed
Final transmission Chain
Chassis 
Frame Aluminimum die-cast Deltabox
Front suspension system Upside-down telescopic fork, Ø 41 mm
Front travel 115 mm
Caster Angle 24º
Trail 97 mm
Rear suspension system Swingarm, (link suspension)
Rear Travel 120 mm
Front brake Dual Discs, Ø 310 mm
Rear brake Single Disc, Ø 220 mm
Front tyre 120/70 ZR17M/C (58W)
Rear tyre 180/55 ZR17M/C (73W)
Dimensions 
Overall length 2,040 mm
Overall width 705 mm
Overall height 1,100 mm
Seat height 850 mm
Wheel base 1,380 mm
Minimum ground clearance 130 mm
Wet weight (including full oil and fuel tank) 189 kg
Fuel tank capacity 17.0 litres
Oil tank capacity 3.4 litres


1 comment: