Tuesday, April 17, 2012

BMW 5-SERIES GRAND TURISMO Kabin Pesawat Jet


 Pabrikan model dunia asal Jerman kembali membuat kejutan dengan merilis seri 5 baru dengan sebutan ‘Grand Turismo’. Perpaduan antara konsep elegan, kompartemen lega, nyaman dan performa khas sebuah BMW dikemas secara unik. Desain yang mengutamakan ‘masa depan’ ini sekaligus mengkombinasikan karakter sebuah sedan salon premium, sport activity vehicle dan besutan klasik Grand Turismo  yang modern.
Hal ini terlihat dari bentuk desain yang sangat tipikal BMW, yang selalu menampilkan stretched-silhoutte dengan bentuk atap landai layaknya layaknya sebutan sport coupe. Jadi meski varian yang dipasarkan untuk saat ini adalah jenis 4 pintu, kesan sporty elegan tetap kental karena jendelanya yang frameless.
Bentuk depan Grand Turismo yang sangat kental juga tercemin dari gril khas BMW yang menampilkan lubang udara besar untuk pendinginan maksimal. Sepasang lampu utama membulat yang menggunakan teknologi LED, dibungkus mika lampu meruncing layaknya sebuah jet yang makin mengentalkan unsur maskulin.
Bila dipandang dari samping, BMW 5-Series Grand Turismo sangat fokus dengan unsur aerodinamika. Posisi kaca depan (pilar A) yang cukup landai sangat mendukung penampilan yang streamline. Sangat serasi saat menyambung dengan pilar B dan C yang berakhir diburitan futuristik.
Untuk beberapa varian, Grand Turismo juga tersedia dengan panoramic roof atau dengan sebutan sunroof ekstra lebar. Desain atap streamline yang bisa terbuka lebar hingga jok belakang ini akan semakin menguatkan sebagai sedan elegan beraroma sport.
Meski desain bodi secara keseluruhan berkonotasi pipih, BMW tak melupakan kebebasan penumpang berekspresi. Bahkan jarak kaki penumpang belakang serasa didalam limousine. Kompartemen belakang identik dengan ruang yang dimiliki varian X5 yang memang terkenal lega. Volume bagasi yang mencapai 440 liter sangat memungkinkan membawa golf club lengkap sekaligus belanjaan.
Untuk mesin tipe 535 i Inline 6, TwinPower Turbo, 2.979 cc, 306 dk dengan 0-100 km/jam (6,3 detik) dan Top Speed 250 km/jam. Untuk BMW 550i 4.395 cc bertenaga 407 dk. 0-100km/jam bisa 5,5 detik. Top speed 250 km/jam. Pilihsn terakhir 530d diesel Inline 6, Common-rail Direct Injection 2.993 cc, 245 dk, 0-100 km/jam dalam 6,9 detik dan Top speed 240 km/jam.
Kelebihan lainnya adalah penumpang kiri dan kanan bisa melakukan penyetelan posisi duduk sesuai selera dan kebutuhan masing-masing. Secara individual, jok belakang mewah yang pastinya terbalut kulit bisa disetel terpisah. Satu lagi terobosan yang dibuat BMW untuk seri 5 Grand Turismo. Pemanjaan bagasi luas dan flesibeldiberikan lewat desain pintu hantchback yang 2-pieces. Tak seperti lazimnya pintu bagasi hatchback yang menyambung dengan kaca belakang, seri 5 Grand Turismo dilengkapi engsel tambahan sehingga pemilik bisa membuka bagasi secara utuh maupun parsial. 




1 comment: