Friday, April 27, 2012

SUBARU BRZ Kencang Tapi Efisien



Peluncuran Subaru BRZ untuk pasar Asia Tenggara di Singapura (4 April 2012) silam menjadi penanda sport car. Subaru ini siap meramaikan pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Untuk Indonesia kami sudah plot untuk di lepas pada event Idonesia International Motor Show (IIMS) tahun ini. Jadi untuk harga dan juga pemesanan baru rilis di IIMS, ujar Glenn Tan, Executive Director Tan Chong International Limited, APM Subaru di Asia dan juga Indonesia.

Subaru BRZ adalah mobil sport hasil kerja sama dengan Fuji Heavy Industries Ltd (FHI) dan Toyota. Penampilan eksterior Subaru BRZ benar-banar meyiratkan desain dan tampilan yang eksotis. Makna sport yang diusung dipertegas dengan konsep mobil dua pintu atau yang disebut coupe serta sepatbor sporty membuat Subaru BRZ identik dengan mobil sport sejati.


Performa diatas aspal terbukti mantap karena Subaru BRZ adalah mobil sport yang identik dengan kecepatan tinggi dan Subaru BRZ bisa dibilang mobil efisien. Mesin Boxer 2.000 cc berkode D-4S yang mengaplikasi teknologi Toyota khususnya dibagian sistem pemasok bahan bakar atau injector dianggap memberi andil mesin Boxer BRZ ini mampu tampil kencang dan juga efisien bahan bakar.
Untuk akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh di bawah 9 detik dengan konsumsi bahan bakar 1:13 serta emisi gas buangnya cukup rendah. Itulah efek kerja sama dengan Toyota yang juga memasarkan tipe serupa BRZ dengan kode GT86.

Bentuk mobil ini di topang jok semi bucket begitu empuk dan menopang tubuh dengan baik. Komposisi interior baik setir juga panel serta atmosfer kabin cukup lapang untuk sebuah mobil sport. Subaru BRZ merupakan tipe hi-end dengan fitur keselamatan dan kenyamanan maksimal serta mendapat sedikit sentuhan fine yune dari insinyur FHI. Alhasil membuatnya mobil yang mengasyikkan.
Subaru BRZ bertransmisi 6-percepatan. Sekilas memang tipe matiknya persis versi manual. Namun memerlukan adaptasi sejenak untuk mengoperasikannya karena tidak seperti transmisi matik pada umumnya yang ada alurnya.
Pada waktu peresmian peluncuran Subaru BRZ, yang ingin ngedrift BRZ berkesempatan melakukan uji coba beragam, mulai slalom, akselerasi, pengereman, melakukan doughtnut dan manuver angka 8. Untuk doughtnut dan angka 8 memang sebuah aksi yang lazim dilakukan di ajang drifting. Ya memang itulah tujuannya, BRZ mengaplikasi sistem gerak roda belakang, sehingga cenderung understeer dan begitu terasa efek buang dibagian belakangnya.
Kesan yang ditangkap, Subaru BRZ mobil sport yang patut di miliki. Saat beraksi doughnut dan angka 8 itu lebih pendek radius putarnya karena ada bantuan perangkat kendali traksi. Jika traction control OFF, maka mobil terasa sedikit bantingannya, namun saat diaktifkan mobil terasa sedikit bantingannya, namun saat diaktifkan mobil jadi stabil. Kian nyaman dengan penggunaan sistem suspensi MacPherson pada roda depan serta double wishbone pada roda belakang, benar-benar memanjakan pengendaranya.     

1 comment:

  1. Rental Sepeda
    untuk yang pingin rental/ sewa sepeda, klik aja website my bike yang khusus merentalkan/ menyewakan sepeda/ sepeda mtb di www.rentalsepeda.com. thx, arnold 0817 230 8338

    ReplyDelete