Peluncuran Subaru BRZ untuk pasar Asia Tenggara di Singapura
(4 April 2012) silam menjadi penanda sport car. Subaru ini siap meramaikan
pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Untuk Indonesia kami sudah plot untuk
di lepas pada event Idonesia International Motor Show (IIMS) tahun ini. Jadi
untuk harga dan juga pemesanan baru rilis di IIMS, ujar Glenn Tan, Executive
Director Tan Chong International Limited, APM Subaru di Asia dan juga
Indonesia.
Subaru BRZ adalah mobil sport hasil kerja sama dengan Fuji
Heavy Industries Ltd (FHI) dan Toyota. Penampilan eksterior Subaru BRZ
benar-banar meyiratkan desain dan tampilan yang eksotis. Makna sport yang
diusung dipertegas dengan konsep mobil dua pintu atau yang disebut coupe serta sepatbor
sporty membuat Subaru BRZ identik dengan mobil sport sejati.
Performa diatas aspal terbukti mantap karena Subaru BRZ
adalah mobil sport yang identik dengan kecepatan tinggi dan Subaru BRZ bisa
dibilang mobil efisien. Mesin Boxer 2.000 cc berkode D-4S yang mengaplikasi
teknologi Toyota khususnya dibagian sistem pemasok bahan bakar atau injector
dianggap memberi andil mesin Boxer BRZ ini mampu tampil kencang dan juga
efisien bahan bakar.
Untuk akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh di bawah 9 detik
dengan konsumsi bahan bakar 1:13 serta emisi gas buangnya cukup rendah. Itulah
efek kerja sama dengan Toyota yang juga memasarkan tipe serupa BRZ dengan kode
GT86.
Bentuk mobil ini di topang jok semi bucket begitu empuk dan
menopang tubuh dengan baik. Komposisi interior baik setir juga panel serta
atmosfer kabin cukup lapang untuk sebuah mobil sport. Subaru BRZ merupakan tipe
hi-end dengan fitur keselamatan dan kenyamanan maksimal serta mendapat sedikit
sentuhan fine yune dari insinyur FHI. Alhasil membuatnya mobil yang
mengasyikkan.
Subaru BRZ bertransmisi 6-percepatan. Sekilas memang tipe
matiknya persis versi manual. Namun memerlukan adaptasi sejenak untuk
mengoperasikannya karena tidak seperti transmisi matik pada umumnya yang ada
alurnya.
Pada waktu peresmian peluncuran Subaru BRZ, yang ingin
ngedrift BRZ berkesempatan melakukan uji coba beragam, mulai slalom,
akselerasi, pengereman, melakukan doughtnut dan manuver angka 8. Untuk
doughtnut dan angka 8 memang sebuah aksi yang lazim dilakukan di ajang drifting.
Ya memang itulah tujuannya, BRZ mengaplikasi sistem gerak roda belakang,
sehingga cenderung understeer dan begitu terasa efek buang dibagian
belakangnya.
Kesan yang ditangkap, Subaru BRZ mobil sport yang patut di
miliki. Saat beraksi doughnut dan angka 8 itu lebih pendek radius putarnya
karena ada bantuan perangkat kendali traksi. Jika traction control OFF, maka
mobil terasa sedikit bantingannya, namun saat diaktifkan mobil terasa sedikit
bantingannya, namun saat diaktifkan mobil jadi stabil. Kian nyaman dengan
penggunaan sistem suspensi MacPherson pada roda depan serta double wishbone
pada roda belakang, benar-benar memanjakan pengendaranya.
Rental Sepeda
ReplyDeleteuntuk yang pingin rental/ sewa sepeda, klik aja website my bike yang khusus merentalkan/ menyewakan sepeda/ sepeda mtb di www.rentalsepeda.com. thx, arnold 0817 230 8338