Thursday, April 12, 2012

BLACKBERRY CURVE 9380 Curve Pertama Tanpa Keypad QWERTY


Smartphone terbaru dari Research In Motion (RIM) ini diluar kebiasaan. Jajaran Curve biasanya adalah handset berbudget rendah dengan keypad fisik berbentuk QWERTY, tapi BlackBerry Curve 9380 ini berbeda. Tidak ada keypad QWERTY,  seluruh permukaannya adalah layar sentuh. Kehadiran Curve 9380 ini merupakan upaya menarik konsumen untuk merasakan kecanggihan BlackBerry OS7 dengan harga terjangkau yakni dijual Rp 3.399.000. Modelnya hampir mirip dengan pendahulunya BlackBerry torch 9860, tetapi dengan spesifikasi hardware yang diturunkan. Meski prosesornya merupakan yang terendah dibanding dengan handset OS7 lainnya, tetapi kinerja Curve 9380 cukup mumpuni.
Display 
Layar sentuh kapasitif 3,2 inchi menghasilkan antarmuka sentuh dengan grafis cukup halus. Layar memiliki 16 juta warna untuk tampilan yang menawan. Layarnya cukup responsive dengan sentuhan tangan saat menyentuh, menggeser atau zoom.
Kamera
Curve 9380 ini membekali dirinya dengan kamera 5 mega piksel. Terdapat lampu Led flash untuk membantu pencahayaan ketika kondisi gelap. Fitur kamera juga bisa untuk merekam video dengan kualitas VGA yang cukup bagus yang dapat diihat pada TV layar besar. Kualitas kamera tergolong biasa untuk jajaran ponsel kamera SMP. Fitur kamera digital yang lengkap sangat membantu mendapatkan hasil optimal. Diantaranya adalah fitur deteksi wajah, digital zoom, stabilisasi gambar dan scene mode. 
Desain
Desain ponsel ini terlihat ramping dan indah sehingga mudah dibawa serta sangat nyaman digenggam. Untuk postur Asia yang umumnya kecil, ponsel ini terasa pas dipakai. Mengikuti tradisi BlackBerry, casingnya berwarna hitam mengkilat dengan bahan seng metalik memberi kesan mewah dan kokoh. Konsep desainnya menyerupai seperti ponsel full-touchscreen pada umumnya dengan layar sentuh hampir memenuhi bentuk depan dan menyisakan sedikit tempat untuk tombol menu operasional dibagian bawah.
Internet
Berselancar internet di Curve 9380 cukup menyenangkan. Memakai OS7, kinerja browser meningkat signifikan. Bahkan RIM mengklaim terjadi peningkatan sebesar 40% dibanding OS6 dan 100% dibanding OSS. Browser memiliki pemadu JIT (Just In Time) Java Script untuk meningkatkan kecepatan waktu tampil dari halaman web. Untuk koneksi internet bisa memakai jalur selular yang mendukung HSDPA dan HSUPA serta koneksi WI-Fi 802.11 b/g/n.
Social Media
Untuk akses kejejaring sosial, RIM mempermudahkan dengan menyediakan Social Feeds 2.0. Aplikasi built-in ini mengintegrasikan berbagai hal seperti jejaring social, podcast, RSS dan instant messaging kedalam satu tempat. Sehingga menghemat waktu.Beberapa fitur baru dihadirkan seperti custom views, integrasi Universal Search, interaksi feed yang diperbaiki, flagged item dan indikator terbaca.
Compass
Jika Anda sedang travelling dan tak tahu arah mata angin, jangan khawatir karena bisa memanfaatkan fitur kompas digital. Terdapat aplikasi pendukung yaitu Compass yang akan menunjukkan Anda arah utara, barat, selatan, dan timur. Untuk hasil yang lebih akurat, Anda bisa mengatur lokasi saat ini dipeta dengan bantuan GPS di BlackBerry Maps.
Augmented Reality
Salah satu fitur baru yang ada di OS7 adalah teknologi realitas tertambah (augmented reality). Teknologi ini memanfaatkan kamera untuk menampilkan visualisasi nyata dilayar ponsel dikombinasikan dengan konten berbasis lokasi dari internet. Contoh aplikasi di BlackBerry yang sudah mendukung teknologi tersebut adalah Wikitude dan Layar. Cara menggunakannya sederhana. Cukup jalankan aplikasi, kemudian pilih salah satu menu, maka aplikasi akan mengaktifkan kamera. Setelah itu arahkan kesegala penjuru, maka konten berbasis lokasi akan muncul dilayar dengan tampilan interaktif.
Smart Tags
Fitrur baru lainnya yang diusung adalah Near Field Comunication (NFC). Teknologi ini memungkinkan untuk komunikasi atau transfer data antar perangkat dalam jarak dekat. Biasanya saling disentuhkan atau jarak paling  jauh yang bisa direspon adalah 1 inchi (1,2 cm). Manfaatnya adalah bisa sebagai alternatif alat pembayaran dan transfer file antar perangkat sejenis. Masih belum banyak aplikasi ini, tetapi RIM telah menginsiasi dengan menyediakan aplikasi sederhana Smart Tags
    

1 comment: